Tuesday, May 24, 2011

Pengertian Offset Printing

Pengertian Offset Printing

offset printingCetak offset / Offset Printing adalah teknik cetak yang banyak digunakan, di mana citra (image) bertinta di-transfer (atau di- "offset") terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset printing menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

Sedangkan Percetakan Offset sendiri didefiniskan sebagai berikut:

Percetakan Offset adalah sebuah proses industri untuk pemproduksikan massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi termasuk didalam sebuah prosesnya yang dikenal sebagai OFFSET Printing

Banyak buku dan koran sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset printing. Biasanya image yang akan dicetak terlebih dahulu dilukiskan ke atas pelat offset printing dengan bantuan printer laser kemudian pelat ini akan diolah mesin cetak menjadi pola penintaan yang akan ditimpakan ke atas kertas cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset printing sekaligus.

Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, rotogravure, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser.

Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada kertas.

Ada pula yang namanya digital printing. Untuk mengetahui perbedaan dengan digital printing maka Anda bisa lihat pengertiannya di artikel tentang pengertian digital printing.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment